Bagaimana mengembangkan hubungan keluarga Anda dengan Al-Quran

belajar baca Al-Quran

 

Salah satu karunia terbesar dari Allah (Subhanahu Wa Ta’ala) kepada umat manusia adalah wahyu dari Al-Quran Yang Mulia dan itu adalah sumber bimbingan Muslim dalam hidup kita. Dengan membaca, mendengar, belajar, dan membaca, kita benar-benar dapat memperoleh manfaat dalam kehidupan ini dan yang berikutnya belajar baca Al-Quran. Oleh karena itu penting bagi setiap Muslim untuk memanfaatkan waktu mereka dan membaca Al-Quran setiap hari dan aktivitas keluarga, karena memang Al Qur’an akan bersaksi untuk Anda atau melawan Anda pada Hari Kiamat. Tetapi bagaimana kita bisa mengintegrasikan Quran ke dalam kehidupan kita hari ini dan terutama dengan keluarga kita?

• Quran dan Keluarga

Jadikan Al Qur’an sebagai acara keluarga, dan bagian yang berharga dari hari – bukan tugas. Bangun kegembiraan dan kenikmatan di sekitar waktu yang Anda dan keluarga Anda habiskan dengan Al-Quran. Hari-hari menjadi begitu sibuk dan terbang dengan begitu mengatur waktu satu hari yang akan Anda habiskan bersama keluarga dan Al-Qur’an, bahkan jika itu hanya membaca 2 halaman setelah Fajr pada awalnya dan kemudian Anda dapat meningkat setelah Anda membuat rutinitas belajar baca Al-Quran.

• Membaca, Membaca, Menghafal, Memahami, Menerapkan Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an meningkatkan kecerdasan kita karena bagi banyak dari kita, belajar baca Al-Quran kita akan membaca dalam naskah yang tidak kita kenal, dan dengan demikian ini menantang dan mendorong pikiran kita. Ini juga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk berkumpul sebagai keluarga untuk membaca Al-Qur’an dan membantu serta menguji hafalan masing-masing belajar baca Al-Quran. Seseorang dapat melengkapi kegiatan ini dengan membaca terjemahan yang baik atau tafsir untuk memahami ayaat; dan lebih lagi, seseorang dapat mengambil satu atau dua pelajaran dari apa yang dibaca dan muncul dengan daftar sebagai keluarga tentang bagaimana menerapkan ayaat dalam kehidupan kita sehari-hari (misalnya. Menyebarkan salaam, memberi makan orang miskin, dll.). Bagaimanapun, Al-Quran dimaksudkan untuk dibaca dan ditindaklanjuti dan dijalani – Nabi kita (alaihissalam) bagaikan Al Qur’an yang berjalan dan hidup.

Beberapa anak (dan orang dewasa) berjuang untuk membaca Al Qur’an, tetapi pahala berlimpah meskipun kita berjuang – dan pahalanya bahkan lebih besar ketika kita bersabar dan bertahan dalam sha ’Allah. Solusinya adalah hanya dengan membaca lebih banyak dan berlatih, meskipun itu mungkin sulit pada awalnya – semakin banyak Anda / anak membaca, semakin akrab Anda / anak akan menjadi dengan bahasa Arab dan kosakata, dan seiring waktu membaca akan meningkat sangat.

Nabi Muhammad (saw) berkata: “Sesungguhnya orang yang membacakan Al-Qur’an dengan indah, lancar, dan tepat, ia akan berada di antara para malaikat yang mulia dan taat. Dan mengenai orang yang membaca dengan susah payah, gagap atau terhuyung-huyung melalui ayat-ayatnya, maka dia akan mendapat dua kali lipat pahala itu. ”[Al-Bukhari dan Muslim]

Dia (damai dan berkah besertanya) juga mengatakan:
“Al-Qur’an adalah perantara, sesuatu yang diberikan izin untuk bersyafaat, dan itu diyakini benar. Siapa pun yang menempatkannya di depannya, itu akan membawanya ke surga; siapa pun yang menempatkannya di belakangnya, itu akan mengarahkannya ke Neraka. ”[Sebuah hadis otentik yang ditemukan di At-Tabadanee, pada otoritas ‘Abdullaah ibn Mas’ood]

Hadits ini menekankan pentingnya ditempatkan pada Al-Quran dalam kehidupan kita karena itu akan bertindak sebagai panduan bagi kita di dunia ini dan seorang syafaat pada Hari Penghakiman ketika kita semua akan bertanggung jawab atas perbuatan kita. Jika Anda mengabaikan Quran dan tidak mengakui pentingnya Quran maka Anda telah diperingatkan tentang konsekuensinya.

• Ajarkan Al Quran yang Mulia di dalam Komunitas

Uthmaan, semoga Allah senang dengan dia, mengatakan bahwa Nabi (saw) berkata:

Yang terbaik dari Anda adalah orang-orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain ”. [Al-Bukhari]

Jika Anda memenuhi syarat, Anda dapat mengajarkan Al-Quran – misalnya Anda dapat menjadi sukarelawan di sekolah Islam atau masjid untuk mengajarkan huruf-huruf Arab, atau tajwid, atau menghafal. Penghargaannya banyak.

• Beri anak-anak Anda pengetahuan Islam sejak usia dini

Mendaftarkan anak-anak Anda dalam kelas belajar baca Al-Quran dan pelajaran Islam dapat membantu mereka memperoleh pengetahuan yang mereka butuhkan untuk sukses dalam kehidupan ini dan akhirat, dan mungkin memberi mereka kesempatan untuk mengajarkannya kepada orang lain ketika mereka semakin tua di sha ’Allah. Memiliki tujuan yang tinggi untuk anak Anda – tetapkan mereka di jalan untuk menjadi seorang Hafiz. Sejak usia dini orang tua saya mengirim saya ke masjid untuk menghadiri kelas-kelas belajar baca Al-Quran rubaiyat dan ini telah membantu saya hari ini sebagai seorang ibu ketika saya harus mengajar anak-anak saya Al-Quran. Memberikan anak Anda pengetahuan tentang Islam dan belajar baca Al-Quran adalah benar-benar salah satu yang terbaik (jika bukan yang terbaik) hadiah yang Anda berikan kepada anak Anda.

Mencari ilmu di usia muda seperti ukiran di batu. – Hasan al-Basri

Tetapi tidak pernah terlambat – saya telah mendengar tentang para senior yang memulai Hifz; jadi terlepas dari usia Anda, carilah kelas Hifz, tafsir atau pelajaran Islam lainnya.

• Mendorong partisipasi dalam Kompetisi Bacaan Quran

Memberikan motivasi dan insentif kepada anak-anak Anda dapat membantu membangun kepercayaan diri dan juga membuat mereka merasa istimewa. Jika mereka telah menghafal sebuah Surat dengan kemampuan terbaik mereka, belajar baca Al-Quran maka pastikan bahwa Anda memberi mereka pujian yang pantas mereka terima dan dorong mereka dengan prestasi dan pembelajaran mereka. Jika anak-anak merasa bahwa mereka sedang didorong, belajar baca Al-Quran mereka akan lebih mungkin ingin belajar lebih banyak dan lebih jauh pengetahuan Al-Quran mereka di dalam masyarakat. Mengapa tidak menunjukkan persetujuan Anda dan kesenangan yang melekat pada din dengan merencanakan tamasya keluarga atau memasak makanan favorit mereka untuk usaha mereka yang baik belajar baca Al-Quran.

bagi anda yang ingin bisa cara cepat baca quran infonya bisa klik disini

Al Qur’an adalah penyembuhan kita, belas kasihan kita, dan panduan kita – bagaimana kita bisa benar-benar berhasil jika kita berpaling dari sumber kebijaksanaan, bimbingan, dan kesuksesan? Kita semua harus berusaha untuk melibatkan keluarga kita dalam kegiatan yang bermanfaat untuk bekerja. menuju theMercy of Allah Subhanahu Wa Ta’ala.