Pengaruh Warna Situs Web dan Desain Web pada Perilaku Pengguna

Pengaruh Warna Situs Web dan Desain Web pada Perilaku Pengguna

Bagi pengecer, berbelanja adalah seni persuasi. Meskipun banyak faktor yang akan berperan ketika pelanggan ingin membeli, banyak hal yang ditentukan oleh isyarat visual. Isyarat terkuat yang diidentifikasi, yang juga paling persuasif, adalah warnanya.

Sebagai pemasar, desainer jasa pembuatan website, freelancer dan profesional kreatif lainnya memperkenalkan produk baru ke pasar, sangat penting bahwa mereka menempatkan warna dan tampilan visual sebelum faktor-faktor lain seperti layanan suara dan hosting yang digunakan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana desain warna situs jasa pembuatan website cenderung memengaruhi cara pelanggan membeli produk, penting untuk melihat hubungan antara warna dan persepsi pelanggan.

jasa pembuatan website

Jika persepsi orang dapat dikontrol menggunakan warna, seperti kuning membuat orang lebih rentan untuk membeli produk, karya perancang jasa pembuatan website akan jauh lebih mudah. Namun, ilmu di balik pemikiran tersebut secara keseluruhan dikecam oleh beberapa individu. Sebuah studi tentang beberapa situs jasa pembuatan website paling sukses dari seluruh dunia mengungkapkan bahwa warna digunakan untuk tujuan halus tertentu.

Perilaku Manusia dan Warna
jasa pembuatan websiteSejumlah penelitian pada subjek telah mengungkapkan bahwa warna-warna tertentu memang menyebabkan pelanggan dan pengunjung pertama kali bertindak dan merasakan cara-cara tertentu. Beberapa warna paling populer yang mungkin berdampak pada perilaku manusia meliputi:

Merah – dianggap sebagai warna yang paling emosional, dikaitkan dengan kehidupan, cinta, dan keberanian. Merah juga merupakan tanda bahaya. Beberapa penelitian bahkan lebih lanjut untuk menunjukkan bahwa itu meningkatkan denyut jantung dan menciptakan urgensi. Karena alasan inilah warnanya sering digunakan pada penjualan izin.
Biru – mungkin warna yang paling sering digunakan dalam situs web dan pencitraan merek saat ini. Karena warna langit, sering dikaitkan dengan produktivitas, ketenangan, kepercayaan dan kehormatan. Biru juga dikatakan membantu dalam menekan nafsu makan. Banyak bank dan bisnis mengadopsi warna biru untuk menimbulkan perasaan aman di klien mereka.
Hijau – adalah warna bahan organik dan alam dan mungkin warna paling mudah di mata. Perasaan yang terkait dengan warna hijau termasuk optimisme, keberuntungan, kekayaan, pelepas stres, keselarasan, pertumbuhan, dan keamanan. Mungkin ini alasannya digunakan di banyak toko untuk membantu pelanggan mereka bersantai.
Oranye – dikaitkan dengan ambisi dan kehangatan. Karena itu adalah warna yang hidup, itu dianggap menunjukkan antusiasme, kreativitas dan awal yang baru. Jeruk juga dikaitkan dengan ajakan bertindak; jual, beli atau berlangganan.
Merah muda – warna lama yang terkait dengan feminitas. Ini menginduksi romansa dan cinta dan dianggap menghasilkan efek yang menenangkan bagi siapa saja yang melihatnya. Warna merah muda juga merupakan warna paling populer untuk pemasaran produk yang ditargetkan pada gadis dan wanita muda.
Hitam – menandakan otoritas dan kekuasaan. Hitam juga warna keanggunan dan kecanggihan, serta misteri, dan dalam beberapa kasus dikaitkan dengan kesuraman, tabu dan kejahatan. Ketika datang ke pemasaran, hitam adalah pilihan paling populer untuk pemasaran produk mewah.
Ungu – dari pelajaran sejarah, adalah warna yang dikaitkan dengan kekayaan, kekuasaan dan royalti, kadang-kadang bahkan spiritualitas. Namun, beberapa individu cenderung menganggap ungu sebagai buatan karena jarang terjadi di alam. Dalam contoh lain, ini digunakan untuk menenangkan dan menenangkan dan paling sering ditemukan dalam produk anti-penuaan atau kecantikan.

Jenis dan Warna Pelanggan jasa pembuatan website

Tidak hanya warna memengaruhi perilaku, tetapi juga terkait dengan jenis pelanggan tertentu. Warna yang digunakan di situs memiliki kemampuan untuk menarik pelanggan tertentu lebih dari orang lain, misalnya, untuk menarik:

Sekarang ada juga jasa pembuatan website murah di jakarta yang bisa anda coba untuk anda ingin membuat sebuah web

Pembeli impulsif – gunakan warna merah-oranye, hitam, dan biru royal. Warna-warna ini yang paling umum dalam penjualan izin, mal outlet dan perusahaan makanan cepat saji
Pembeli dengan anggaran terbatas – pertimbangkan untuk menggunakan biru laut dan biru muda. Department store besar dan bank sudah pasti menggunakan skema warna ini selama beberapa dekade sekarang
Pembeli tradisional – mawar, biru langit dan merah muda, semua warna yang paling mungkin Anda temukan di toko pakaian
Perusahaan periklanan dan pemasaran telah menggunakan warna yang disengaja untuk memicu emosi dalam target pelanggan mereka. Sebelum memilih warna tema untuk desain web, desainer harus mempertimbangkan:

Siapa target pelanggan mereka?
Emosi apa yang ingin mereka terapkan pada klien mereka?
Apakah perancang ingin pengunjung web percaya dan membeli produk mereka?

jasa pembuatan website
Menggunakan warna yang tepat, di tempat yang tepat pada halaman cenderung menarik efek positif dari penonton. Terlepas dari opsi hosting yang tersedia, sangat penting bahwa ketika seseorang membuat produk online dia mempertimbangkan skema warna situs. Pengguna mudah dipengaruhi oleh warna apakah mereka mengetahuinya atau tidak.

Menurut beberapa studi tentang pengaruh warna pada perilaku manusia, mengubah warna tombol “ajakan bertindak” dapat meningkatkan rasio konversi situs jasa pembuatan website secara keseluruhan. Ketika seseorang memilih warna situs, kemudahan keterbacaan dan konsistensi harus menjadi bagian dari keseluruhan tujuan utama.